Siswa Mufourga belajar Entrepreneur

0
1265

Belajar Entrepreneur sejak dini dapat menambah wawasan bagi peserta didik tentang perdagangan atau jual beli.

Dikutip dari Investopedia, entrepreneur adalah individu yang bisa menciptakan bisnis yang baru, bersedia menanggung sebagian besar risiko, dan sebagai imbalannya bisa menikmati sebagian besar keuntungannya. Proses mendirikan bisnis seorang entepreneur adalah kemudian disebut sebagai entrepreneurship atau kewirausahaan.

Ekstrakurikuler tata boga MTs Muhammadiyah 04 Purbalingga, Selasa (25/10) membuat produk olahan berupa puding.

Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Persiapan alat-alat dan bahan dilakukan penuh semangat. Persiapan tempat juga dapat cepat terselesaikan. Sangat terlihat jelas, ekspresi siswa, apabila melakukan pembelajaran yang disukainya.

Menurut pembina ekstrakurikuler tata boga, Mei Suciningtyas, S.Pd saat mengawali kegiatan, “walaupun urutan membuat puding, sudah disampaikan saat materi, namun sebelumnya bu guru akan mengingatkan kembali”. Setelah urutan membuat puding dapat dipahami siswa, kemudian proses pembuatan dimulai.

Setelah beberapa waktu, adonan mendidih, didinginkan sebentar dan selanjutnya dituangkan ke dalam tempat yang sudah disiapkan. Selanjutnya diletakkan di kulkas, disimpan satu malam.

Hari berikutnya, tim ekstrakurikuler tata boga jadwalnya adalah memasarkan produknya ke siswa lain, bapak ibu guru karyawan, para penjual jajan di pinggir jalan dan ada yang dititipkan di kantin madrasah. Tidak menunggu lama, puding ludes terjual.

“Alhamdulillah, puding habis dan tinggal menghitung hasil”, begitu komentar salah satu siswa yang ikut menjual puding. Setelah hasil penjualan dihitung, dikurangi modal, ketemu untung atau laba penjualan.

 

 

 

 

Artikulli paraprakFoto Bersama Bupati di Hari Santri Nasional (HSN)
Artikulli tjetërPPMTQ DAARUSSALAAM menyelanggarakan shalat Gerhana Total

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini