Peka tidak sama dengan tanggung jawab

0
1202

Peka tidak sama dengan Tanggung Jawab

Peka merupakan salah satu dari sifat manusia. Namun, masing-masing orang yang memiliki sifat kepekaan yang berbeda-beda.

Seorang petugas keamanan berkeliling komplek perumahan dan meminta pintu rumah dan garasi dikunci ketika malam hari, itu karena tanggung jawabnya. Seorang guru mengunjungi siswanya yang tidak berangkat selama beberapa hari, itu karena tanggung jawabnya. Seorang pengasuh pesantren selalu menunggui santrinya sampai larut malam, itu juga karena tanggung jawabnya.

Berbeda dengan peristiwa berikut. Seorang petugas keamanan membantu warga yang sedang merehab rumahnya. Ini adalah salah satu bentuk kepekaan. Seorang guru memungut sampah dan membakarnya, ini adalah salah satu bentuk kepekaan. Seorang polisi mengangkat anak bebek yang terjebak di dalam lubang, ini juga salah satu bentuk kepekaan.

“Peka adalah melakukan sesuatu yang bukan menjadi tanggung jawabnya”, begitu yang dijelaskan oleh ustadz Ahmar Kholid, S.Pd dalam kajian rutin bulanan PPMTQ DAARUSSALAAM MUHAMMADIYAH Cabang Slinga Purbalingga. Dalam kajian kali ini Sabtu (12/11), beliau mengambil tema kajian tentang peka dan tanggung jawab. Dengan contoh yang ringan menjadikan Guru, Karyawan dan Assatidz mudah memahami tema yang disajikan.

Kajian yang dilaksanakan secara runtut di pekan pertama setiap bulannya akan mengambil tema-tema yang penting dann dibawakan secara ringan. Sehingga jelas dan mudah dipahami.

https://www.instagram.com/p/Ck9kVomPKvD/?igshid=MDJmNzVkMjY=

 

Artikulli paraprakInspirasi Datang, karena Silahturahmi
Artikulli tjetërSemua Siswa Adalah Juara, Juara Dibidangnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini